Ads 468x60px

Sample Text

SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA DALAM JANGKA PENGEMBANGAN

Senin, 10 September 2012

Cara Memperbaiki RAM

RAM ( Random Access Memory ) adalah tempat penyimapanan sementara (walaupun ada yang mengunakan untuk jangka waktu yang panjang) dalam sebuah perangkat berbasis komputer. Data yang biasanya disimpan dalam RAM adalah Bios, Binary program dasar suatu komputer untuk mengintegrasikan perangkat-perangkat lainnya.

Begitu pentingnya RAM, sering sekali RAM menjadi penyebab PC / laptop kita mati. dan asumsi kita adalah RAM tersebut sudah rusak dan harus di ganti. Yang sering terjadi memang bila RAM rusak, maka PC maupun laptop kita tidak mau bekerja. Bahkan saat dinyalakan akan terdengar suar BEEP yang keras, yang menandakan ada komponen yang tidak bekerja.

Namun bila kita mau lbih teliti lagi, RAM ( Random Access Memory ) yang kita nyatakan rusak tadi belum tentu atau belum sepenuhnya rusak, dan masih bisa diperbaiki. Nah dengan cara berikut ini kita dapat menghemat biaya pembelian RAM baru.
Peralatan Yang harus di siapkan :
  • Ram yang diperkirakan rusak
  • sebuah avometer (multitester)

    Langkah – langkah perbaikan RAM :
  • pertama bersihkan memory dengan cara menggosok pin-pin (berbentuk kotak – IC) memory tersebut dengan kain, yang bertujuan membersihkan. Boleh juga diberi Tiner sedikit supaya lebih bersih dari debu yang menempel. Gesekan dengan kain juga akan memicu ion-ion pada pin memory menjadi tersimulasi agar konduktornya kembali menjadi lebih aktif.
  • Arahkan skala Avometer pada Ohm ( Ω - skala untuk mengukur hambatan), boleh pada posisi 1K, 10K, 100K.
  • Kemudian jarum negative (-) Avometer (kabel warna hitam) ditempelkan pada salahsatu pin/kaki memory, dan jarum positive (kabel warna merah) digesekan pada pada kumpulan kaki-kaki IC/chipset memory ,bila memory memiliki 8 buah IC misalnya maka gesekan jarum (+) tersebut ke kaki-kaki 8 IC tersebut.

Sekarang pasang kembali di slot memori yang tersedia,dan coba hidupkan PC atau laptop anda.
Tips diatas hanya untuk memory dengan kondisi fisik yang masih utuh, maksudnya tidak ada pin/kaki yang terbakar, atau bahkan patah.

1 komentar: